Daftar

Minggu, 02 Januari 2011

Prinsip Brain Management

Metode belajar yang digunakan dalam pengajaran di les privat rumah belajar adalah menggunakan prinsip brain management. Brain management (Manajemen Otak) adalah kegiatan memahami dan meningkatkan kemampuan otak untuk selalu dapat mengupgrade potensi dan kapasitasnya sendiri setiap saat. Dengan bahasa lain yang lebih gampang dan jelas, brain management adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan hardware alias otak kita, bukan pada software atau ilmu-ilmu semata.
Bagaimana cara kita mengupgrade kemampuan otak kita? Ada beberapa cara yaitu :
1.Use both sides your brain, atau gunakan kedua belah otak kita
2.Learn how to learn, atau belajar bagaimana cara belajar
3.Use your brain in the way it wants to be used, atau gunakan otak kita sebagaimana otak kita ingin dipergunakan, yaitu sesuai dengan cara kerja alaminya.
Penerapan Brain Management  dalam Usaha Percepatan Belajar
Penerapan dalam manajemen otak dalam usaha percepatan belajar diwujudkan dalam teknik-teknik dan strategi belajar sebagai berikut :
1.Sistem Peta Pikiran (Mind Map)
Sistem ini adalah system yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Pengguna terbesarnya adalah Eropa, USA, Negara Amerika Latin, Afrika Selatan dan Asia. Bahkan di Singapura sudah diwajibkan dari anak SD sampai Perguruan Tinggi. Beberapa kegunannnya yang dibahas di buku ini adalah untuk :
a.Meringkas (Summarizing)
b.Kaji Ulang ( Receiving)

2.Ketrampilan Mengingat (Memory Skills)
Dengan menggunakan kedua belah otak kita yaitu otak kiri dan otak kanan sekaligus, kemampuan mengingat anak didik anda akan menjadi luar biasa, baik kecepatan mengingat (memory speed), daya tahan ingatan (memory span), maupun kapasitas daya mengingatnya (memory storage capacity).
Teknik ini akan memungkinkan anak didik anda untuk mengingat kata, kalimat, angka, grafik, table, rumus, peta, nama, dan lain-lain secara cepat dan dapat me-recallnya secara cepat dan akurat juga.

3.Teknik belajar yang dapat dioptimalkan secara luar biasa dengan manajemen otak adalah
a.Teknik mendengarkan
b.Teknik Bertanya
c.Teknik Mencatat ( Note-Making System)
d.Teknik Mempersiapkan Ujian (Exam Preparation)
e.Teknik Membca Fokus Tinggi (High Focus Readin)
f.Teknik Pembaharuan Pembelajaran (Revision System)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More